RENOP UMSURABAYA

Renop UMSurabaya 2017-2021

 

 

 

 

RENCANA OPERASIONAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

2017-2021

 

 

 

 

RENCANA OPERASIONAL

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA

2017-2021

 

 

Dokumen Rencana Operasional ini adalah penjabaran lebih lanjut dari Rencana Strategis Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2017-2021. Dokumen ini memuat rumusan rencana dan target pencapaian yang bersifat kuantitatif dan operasional masing-masing indikator kinerja pencapaian tujuan dan sasaran yang hendak dicapai baik untuk jangka menengah (tahun 2021) maupun jangka pendek (tahunan) dari masing-masing sasaran yang telah ditetapkan dalam rencana strategis.

Dokumen Rencana Operasional ini disusun secara berjenjang dan merupakan hasil penyusunan yang bersifat partisipatis dan konstributif. Target yang ditetapkan dalam dokumen merupakan hasil kesepakatan bersama seluruh pengelola Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya).

Dokumen Rencana Operasional ini berisi misi, tujuan, sasaran dan indikator kinerja untuk mengetahui pencapaian tujuan, sasaran strategis termasuk target-target kuantitatif dan program utama untuk mewujudkan visi dan misi 2017-2021 yakni menjadikan UMSurabaya sebagai universitas yang unggul di bidang intelektualitas, moralitas dan berjiwa entrepreneur.

 

MISI 1

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

 

Tujuan Strategis :

Menghasilkan lulusan yang beriman, berakhlaq, memiliki kompetensi seta profesionalisme di bidangnya sesuai kebutuhan stakeholders.

 

Sasaran Strategis :

Untuk mewujudkan tujuan strategis tersebut, ditetapkan sasaran strategis:

  1. Tercapainya mutu kemahasiswaan, pembelajaran dan kompetensi lulusan.
  2. Tercapainya mutu penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah
  3. Tercapainya peningkatan kerja sama dalam dan luar negeri.
  4. Tercapainya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia.

Target dan Indikator Kinerja Utama (Key Performance Indicator).

Indikator kinerja utama dalam rangka mewujudkan misi 1, adalah sebagai berikut:

 

Sasaran 1 : Tercapainya mutu kemahasiswaan, pembelajaran dan kompetensi lulusan

 

No Indikator Kinerja Target Tahunan
baseline 2017 2018 2019 2020 2021
1 Jumlah mahasiswa baru 1990 2400 2500 2700 2800 3000
2 Jumlah mahasswa asing 20 0,5% 1% 1,5% 2% 2,5%
3 Jumlah total mahasiswa aktif 5576 6000 6500 7000 7500 8000
4 Rasio mahasiswa yang ikut seleksi dan diterima 1:1 1:1,5 1: 2 1: 3 1:4 !:4
5 Persentase Mahasiswa transfer/pindahan 6,3% 20% 20% 20% 20% 20%
6 Jumlah prestasi mahasiswa tingkat internasional 1 2 3 4 5 6
7 Jumlah prestasi mahasiswa tingkat nasional non PKM tiap program studi 17 20 25 30 35 40
8 Jumlah prestasi mahasiswa dalam program kreatifitas mahasiswa 3 10 10 15 15 20
9 Persentase mahasiswa drop out 0.5% 5% 5% 5% 5% 5%
10 Persentase mahasiswa yang memeroleh beasiswa non umsurabaya (pemerintah, atau lembaga swasta lainnya) 1,79% 2% >10% >10% >10% >10%
11 Persentase mahasiswa yang memeroleh beasiswa umsurabaya 1,79% 8% >10% >10% >10% >10%
12 Persentase PS yang menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi berdasarkan KKNI 100% 100% 100% 100% 100% 100%
13 Persentasi mata kuliah yang memiliki RPS dan RP 90% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95%
14 Persentase mata kuliah yang memiliki deskripsi mata kuliah 90% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95%
15 Persentase mata kuliah yang memiliki modul/bahan ajar 80% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95%
16 Persentase mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugastugas (PR atau laporan) ≥ 20% 50% ≥ 80%, ≥ 80%, ≥ 80%, ≥ 80%, ≥ 80%,
17 Persentase monev pembelajaran dengan hasil baik 95% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95% ≥ 95%
18 Persentase mutu soal ujian baik disertai kisi-kisi dan analisis butir soal 70% ≥85% ≥85% ≥90% ≥90% ≥90%
19 Persentase PS melakukan peninjauan kurikulum 5 tahun terakhir

 

100% 100% 100% 100% 100% 100%
20 Rata-rata banyaknya mahasiswa per dosen Pembimbing Akademik/Dosen Tetap

(PA)/Wali per semester

20 ≤ 20 ≤ 20 ≤ 20 ≤ 20 ≤ 20
21 Jumlah rata-rata pertemuan pembimbingan per mahasiswa per semester 4 ≥ 4 ≥ 4 ≥ 4 ≥ 4 ≥ 4
22 Rata-rata mahasiswa per dosen pembimbing karya/tugas akhir (TA) 4 ≤ 6 ≤ 6 ≤ 6 ≤ 4 ≤ 4
23 Rata-rata jumlah

pertemuan/pembimbinganselama penyelesaian karya/tugas akhir

10 ≥ 12 ≥ 12 ≥ 12 ≥ 12 ≥ 12
24 Persentase dosen pembimbing tugas akhir yang memiliki sertifikat kompetensi/profesi 80 ≥ 90% ≥ 90% ≥ 90% ≥ 90% ≥ 90%
25 Persentase kehadiran dosen tetap dalam perkuliahan (terhadap jumlah kehadiran yang direncanakan 14-16 x pertemuan) ≥ 95%, ≥ 95%, ≥ 95%, ≥ 95%, ≥ 95%, ≥ 95%,
26 Jumlah Kegiatan tenaga ahli/pakar sebagai pembicara dalam seminar/pelatihan, pembicara tamu, dsb, dari luar

PT sendiri (minimal

4x/PS/Tahun)

90 116 124 128 132 136
27 Persentase mata kuliah yang menggunakan e-learning. 0 25% 50% 75% 85% 100%
28 Rata-rata lama studi Program Diploma 3 (dalam tahun) 3 3 3 3 3 3
29 Rata-rata lama studi Program Diploma Sarjna (dalam tahun) 4 4 4 4 4 4
30 Rata-rata lama studi Program

Diploma Magister (dalam tahun)

2 2 2 2 2 2
31 Rata-rata IPK Lulusan 2,98 >3,00 >3,00 >3,00 >3,00 >3,00
32 Persentase Lulus tepat waktu 80% 80% 80% 80% 80% 80%
33 Persentase lulusan yang bekerja sesuai dengan bidang program studi. 80% 80% 80% 85% 95% 95%
34 Rata-rata masa tunggu lulusan (dalam bulan) 4 < 3 < 3 < 3 < 3 < 3
35 Kelulusan First taker Uji kompetensi 50 >80% >80% >80% >80% >80%
37 Persentase jumlah
sampel/jumlah lulusan/tahun dalam tracer study 60% 80% 80% 80% 80% 80%
38 Persentase angka efisiensi edukasi. 80% 90% 95% 95% 95%
39 Persentase lulusan yang
memiliki sertifikat kemampuan dasar komputer 0% 25% 90% 95% 95% 95%
40 Persentase lulusan yang memiliki nilai TOEIC 405 10% 25% 90% 95% 95% 95%
41 Persentase lulusan yang
memiliki sertifikat keahlian sesuai bidang PS 40% 90% 90% 95% 95% 95%
42 Frekuensi temu alumni per tahun. 1 1 1 1 1 1

 

Strategi untuk mencapai sasaran 1 dilakukan melalui :

  1. Peningkatan mutu lulusan, serta menerapkan penjaminan mutu dalam proses belajar mengajar, dengan kebijakan mengutamakan kualitas pendidikan akademik dan kecakapan hidup serta penyebaran informasi yang mudah diakses mahasiswa.
  2. Pengembangan metode dan proses pembelajaran serta penguatan kecakapan hidup melalui kegiatan kemahasiswaan.
  3. Peningkatan kompetensi lulusan dalam bahasa Inggris atau bahasa asing, pemanfaatan teknologi informasi, serta kemahiran dalam penggunaan komputer melalui berbagai pelatihan.
  4. Peningkatan persentase jumlah mahasiswa program studi dengan kebijakan penataan prioritas melalui perekrutan mahasiswa bermutu.
  5. Penyempurnaan sistem tata kelola peningkatan mutu proses pembelajaran.
  6. Peningkatan dan penjaminan mutu kurikulum dan silabus secara berkelanjutan untuk memenuhi dan melampaui standar mutu dengan kebijakan secara bertahap yakni semua program studi harus memulai melakukan benchmarking sesuai dengan kemampuan, melakukan evaluasi diri serta merencanakan program dengan keunggulan lokal.

 

Sasaran 2 : Tercapainya peningkatan mutu penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah

 

No Indikator Kinerja Target Tahunan
basline 2017 2018 2019 2020 2021
1 Ketersediaan pedoman penelitian yang berisi 8 standar 0% 100% 100% 100% 100% 100%
2 Ketersediaan Rencana Induk

Penelitian

100% 100% 100% 100% 100% 100%
3 Persentase penelitian dasar dan terapai yang relevan dengan PS dan RIP Universitas 30% ≥ 75% ≥ 75% ≥ 75% ≥ 75% ≥ 75%
4 Persentase jumlah penelitian dosen/tiap tahun dengan dana dari luar 18,8% 25% 30% 35% 40% 45%
5 Persentase jumlah penelitian dosen/tiap tahun dana internal 3,92% 75% 70% 65% 60% 55%
6 Jumlah hibah penelitian dosen dengan dana internal dan eksternal 58 181 185 190 190 195
7 Persentase mahasiswa yang tugas akhirnya terkait dengan penelitian dosen 10% ≥ 25% ≥ 25% ≥ 25% ≥ 25% ≥ 25%
8 Persentase hasil penelitian berdampak nyata terhadap Pengembangan iptek, kesejahteraan masyarakat, Peningkatan daya saing bangsa 60% ≥ 75% ≥ 75% ≥ 75% ≥ 75% ≥ 75%
9 Laporan penilaian seleksi proposal penelitian 100% 100% 100% 100% 100% 100%
10 Jumlah pusat studi/lembaga kajian yang berjalan efektif 6 6 6 7 7 7
12 Ketersediaan pedoman pengabdian masyarakat yang berisi 8 standar 0% 100% 100% 100% 100% 100%
13 Ketersediaan Rencana

Strategi Pengabdian kepada Masyarakat

0% 100% 100% 100% 100% 100%
14 Persentase jumlah pengabdian dosen/tiap tahun dengan dana dari luar 3,52% 25% 30% 35% 40% 45%
15 Persentase jumlah pengabdian masyarakat dosen/tiap tahun dana internal 3,92% 75% 70% 65% 60% 55%
16 Jumlah hibah pengabdian masyarakat dosen dengan dana internal dan ekternal 19 90 95 100 105 106
17 Persentase jumlah pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa 50% 100% 100% 100% 100% 100%
18 Laporan evaluasi pengabdian meliputi kepuasan, perubahan perilaku, dampak terhadap ilmu pengetahuan, terciptanya pengayaan sumber belajar, teratasinya masalah social 70% 100% 100% 100% 100% 100%
19 Laporan penilaian seleksi proposal pengabdian kepada masyarakat 100% 100% 100% 100% 100% 100%
20 Laporan monev pengabdian kepada masyarakat 100% 100% 100% 100% 100% 100%
21 Jumlah artikel di Jurnal Internasional karya dosen 10 15 20 25 30  

35

 

22 Jumlah artikel dosen di Proceeding Internasional 12 30 35 40 45  

50

 

23 Jumlah artikel di Jurnal Naional terakreditas karya dosen 27 30 35 40 45  

50

24 Jumlah artikel dosen di Proceeding Nasional 4 60 65 70 75  

80

 

25 Jumlah karya buku dosen diterbitkan selain umsurabaya publishing 16 5 10 15 20  

25

26 Jumlah karya buku dosen diterbitkan umsurabaya publishing

 

0 6 20 20 20 25
27 Jumlah artikel di jurnal tidak

terkareditasi (jurnal terindeks

DOAJ)

34 40 45 50 55 60
28 Persentase artikel ilmiah

yang tercatat dalam lembaga sitasi

10% ≥ 25% ≥ 25% ≥ 25% ≥ 25% ≥ 25%
29 Jumlah jurnal yang terakreditasi nasional. 0 0 0 1 2 3
30 Jumlah karya-karya dosen atau mahasiswa program studi yang telah memperoleh Hak Paten 2 2 2 4 6 8
31 Jumlah karya-karya dosen atau mahasiswa program studi yang telah memperoleh Hak Cipta 1 44 88 132 176 220
32 Jumlah karya-karya dosen atau mahasiswa program studi yang telah memperoleh Haki selain paten dan cipta 2 2 4 6 8 10

 

Strategi untuk mencapai sasaran 2 dilakukan melalui :

  1. Kebijakan peningkatan mutu penelitian mengutamakan penyelesaian permasalahan bangsa dan mendorong penelitian kerja sama, melalui penguatan kapasitas kelembagaan lembaga penelitian dan pusat studi.
  2. Peningkatan mutu pengabdian masyarakat difokuskan pada upaya pemberdayaan masyarakat dan peningkatan partisipasi masyarakat dengan meningkatkan kepedulian danpemberdayaan masyarakat.
  3. Percepatan pertumbuhan penelitian multidisiplin dalam cluster dan peningkatan perlindungan hak kekayaan intelektual dengan kebijakan meningkatkan keterlibatan peneliti.
  4. Pemberian dukungan finansial dan nonfinansial untuk penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi.
  5. Pengembangan joint program dengan perguruan tinggi luar negeri yang bermutu melalui kebijakan penjajagan pada semua program studi dengan memfasilitasi, memonitor, mengevaluasi, dan mengarahkan

 

Sasaran 3 : Tercapainya peningkatan kerja sama dalam dan luar negeri

 

No Indikator Kinerja Target Tahunan
baseline 2017 2018 2019 2020 2021
1 Jumlah kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan
pengabdian masyarakat dengan badan/lembaga di dalam negeri 68 68 70 75 80 85
2 Jumlah kegiatan kerjasama
dalam negeri yang di tindaklanjuti 50 55 60 65 70 75
3 Jumlah kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan
pengabdian masyarakat dengan badan/lembaga di luar negeri 25 25 28 31 34 40
4 Jumlah kegiatan hasil
kerjasama luar negeri negeri yang ditindaklanjuti 3 13 14 15 17 20

 

Strategi untuk mencapai sasaran 3 dilakukan melalui :

  1. Peningkatan fasilitas jejaring dan kerjasama dengan kebijakan pengembangan secara menyeluruh kapasitas kelembagaan, sumber daya manusia, tata kelola, pendataan, pemantauan serta pendanaan untuk program pendampingan.
  2. Peningkatan jumlah dan mutu kerja sama yang memproritaskan posisi strategis UMSurabaya.

 

Sasaran 4 : Tercapainya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia

 

No Indikator Kinerja Target Tahunan
baseline 2017 2018 2019 2020 2021
1 Persentase Pelaksanaan Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan 50% 100% 100% 100% 100% 100%
2 Persentase pelaksanaan Pedoman tertulis tentang sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga

kependidikan

50% 100% 100% 100% 100% 100%
3 Jumlah dosen tetap minimal pendidikan S2 dan S3 252 255 261 272 278 280
4 Persentase kinerja baik dosen dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat 80% 80% 90% 100% 100% 100%
5 Persentase kinerja baik tenaga kependidikan 70% 80% 90% 100% 100% 100%
6 Jumlah dosen yang berpendidikan S3 22 25 40 70 90 107
7 Jumlah dosen sedang studi lanjut S3 25 60 80 90 100 120
8 Jumlah dosen yang memiliki minimal jabatan asisten ahli 48 162 171 57 44 15
9 Jumlah dosen yang memiliki jabatan lektor 17 48 48 162 170 190
10 Jumlah dosen yang memiliki jabatan lektor kepala 20 37 40 50 60 70
11 Jumlah dosen yang memiliki jabatan guru besar 0 0 2 3 4 5
12 Rasio dosen dengan dengan mahasiswa dibidang eksakta 1:20 1:< 20 1:< 20 1:< 20 1:< 20 1:< 20
13 Rasio dosen dengan mahasiswa bidang sosial 1:35 1:< 35 1:< 35 1:< 35 1:< 35 1:< 35
14 Persentase dosen yang memiliki sertifikasi pendidik 23% >40% >40% >40% >40% >40%
15 Persentase Dosen tetap yang

memiliki Sertifikat kompetensi/Profesi dan kartu keanggotaan profesi

40% ≥ 80%, ≥ 80%, ≥ 80%, ≥ 80%, ≥ 80%,
16 Persentase jumlah dosen tidak tetap, terhadap jumlah seluruh dosen 25% ≤ 10%, ≤ 10%, ≤ 10%, ≤ 10%, ≤ 10%,
17 Jumlah partisipasi dosen dalam kegiatan

seminar/workshop/pelatihan (minimal 1x/dosen)

78 255 269 276 283 283
18 Jumlah dosen yang mendapatkan penghargaan hibah pendanaan

(penelitian/pengabdian) atau sebagai pembicara di tingkat internasional

0 30 30 30 30 30
19 Jumlah dosen yang mendapatkan penghargaan hibah pendanaan atau sebagai pembicara di tingkat nasional 48 60 60 60 60 60
20 Persentase dosen yang menjadi anggota masyarakat ilmiah (profesi) 60% 100% 100% 100% 100% 100%
21 Jumlah pustakawan dengan pendidikan S1 4 6 6 6 6 6
22 Jumlah tenaga laboran (minimal 2/PS) 58 58 58 58 58 58
23 Jumlah tenaga adminitrasi dengan pendidikan S-1 (minimal 4/PS) 116 130 134 134 134 138
24 Laporan analisis job karir (tiap tahun) 1 1 1 1 1 1
25 Jumlah kegiatan pelatihan peningkatan kinerja dosen/tahun 2 2 2 2 2 2
26 Jumlah kegiatan pelatihan peningkatan kinerja tenaga kependidikan /tahun 2 2 2 2 2 2
27 Jumlah dosen yang memiliki sertifikat pekerti 90 100 255 255 256 258
28 Jumlah dosen yang memiliki sertifikat AA 70 100 255 255 256 258
29 Jumlah prestasi dosen terbaik tingkat kopertis/nasional 0 1 1 1 1 1
30 Jumlah prestas pustakawan
terbaik tingkat kopertis/nasional 0 1 1 1 1 1
31 Jumlah prestasi laboran
terbaik tingkat kopertis/nasional 0 1 1 1 1 1
32 Jumlah prestasi tenaga
kependidikan terbaik tingkat kopertis/nasional 0 1 1 1 1 1

 

Strategi untuk mencapai sasaran 4 dilakukan melalui :

  1. Peningkatan kemampuan profesionalitas dari dosen dan tenaga kependidikan
  2. Peningkatan kapabilitas dan kapasitas dosen dan tenaga kependidikan, melalui pengembangan staf yang berorientasi pada keunggulan bersaing.
  3. Peningkatan kualitas manajemen sumber daya insani yang modern dan berwawasan Isalam.

 

 

MISI 2

Menyelenggarakan pembinaan sivitas akademika dalam kehidupan yang islami.

 

Tujuan Strategis :

Mewujudkan sivitas akademika yang dapat menjadi teladan dalam rangka melaksanakan dakwah Islam melalui amar makruf nahi munkar.

 

Sasaran Strategis :

Untuk mewujudkan tujuan strategis tersebut, ditetapkan sasaran strategis, yakni tercapainya mutu al Islam dan kemuhannadiyahan pada civitas akademika UMSurabaya yang dapat menjadi teladan dalam rangka melaksanakan dakwah Islam melalui persyarikatan Muhamadiyah.

 

Target dan Indikator Kinerja Utama (Key Performance Indicator).

Indikator kinerja utama dalam rangka mewujudkan misi 2, adalah sebagai berikut:

 

Sasaran 5 : Tercapainya mutu AL Islam dan Kemuhammadiyahan pada civitas akademika UMSurabaya dalam menjadi teladan dalam rangka melaksanakan dakwah Islam melalui persyarikatan Muhammadiyah

 

No Indikator Kinerja Target Tahunan
baseline 2017 2018 2019 2020 2021
1 Persentase lulusan yang memiliki nilai baik dalam ujian kompetensi dasar AIK 60% 70% 75% 80% 90% 95%
2 Persentase mahasiswa FKIP yang lulus dengan baik hafalan 3 Juzz dan 50-150 hadits. 10% 80% 100% 100% 100% 100%
3 Persentase mahasiswa FAI yang lulus dengan baik hafalan 5 Juzz dan > 150 hadits. 10% 80% 100% 100% 100% 100%
4 Persentase mahasiswa non FAI dan FKIP yang lulus dengan baik hafalan 1 Juzz 50 hadits 10% 80% 100% 100% 100% 100%
5 Persentase mahasiswa yang lulus baca alquran dengan baik 60% 80% 100% 100% 100% 100%
6 Persentase sivitas akademika (seluruh pimpinan/karyawan) melakukan shalat jamaah ketika azan dikumandangkan. 10% 100% 100% 100% 100% 100%
7 Persentase kehadiran civitas akademika dalam pembinaan

Al Islam

Kemuhamadiyahan/Kajian

Kegamaan

80% 95% 95% 95% 100% 100%
8 Persentase civitas memahami dan menerapkan ideologi

kepribadian

Muhammadiyah.

50% 65% 70% 75% 85% 95%
9 Persentase civitas akademika
yang tidak merokok di area kampus 90% 100% 100% 100% 100% 100%
10 Jumlah karya buku hasil
kajian Al Islam dan

Kemuhammadiyaan

0 2 2 2 2 3
11 Jumlah kegiatan conference
nasional/internasional

bidang Al Islam dan kemuhammadiyahan

0 1 1 1 1 1
12 Jumlah karya buku hasil kajian Kewanitaan 0 1 2 2 2 2
13 Jumlah kegiatan conference
nasional/internasional bidang Kajian kewanitaan 0 1 1 1 1 1

 

Strategi untuk mencapai sasaran ini dilakukan melalui Peningkatan penerapan pedoman hidup islami bagi sivitas akademika UMSurabaya.

 

MISI 3

Mengembangkan potensi kecakapan hidup pada sivitas akademika.

 

Tujuan Strategis :

Mengembangkan jiwa entrepreneur pada sivitas akademika.

 

Sasaran Strategis :

Untuk mewujudkan tujuan strategis tersebut, ditetapkan sasaran strategis, yaitu tercapainya mutu pengelolaan unit usaha baru yang berasal dari hasil penelitian/pemikiran kampus yang didukung jiwa entrepreneur.

 

Target dan Indikator Kinerja Utama (Key Performance Indicator).

Indikator kinerja utama dalam rangka mewujudkan misi 3, adalah sebagai berikut:

 

Sasaran 6 : Tercapainya mutu pengelolaan unit usaha yang berasal dari hasil penelitian/pemikiran kampus yang didukung jiwa entrepreneur.

 

No Indikator Kinerja Target Tahunan
baseline 2017 2018 2019 2020 2021
1 Jumlah unit usaha yang dihasilkan kampus 5 5 5 6 6 7
2 Jumlah unit usaha yang terstandar ISO 0 0 1 2 3 4
3 Jumlah usaha kreatif yang
didirikan mahasiswa dan berjalan efektif 1 1 2 2 3 3
 

4

Persentase mahasiwa yang

memiliki sertifikat pelatihan entrepreneursip

10% 100% 100% 100% 100% 100%
 

5

Jumlah kegiatan pemberdayaan unit usaha kampus (market day) atau

sejenisnya

1 2 3 4 4 4
6 Persentase lulusan yang berwirausaha 10% 15% 20% 25% 30% 30%

 

Strategi untuk mencapai sasaran 6 dilakukan melalui :

  1. Pengelolaan unit usaha yang dibentuk secara profesional sehingga dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan Tri Darma Perguruan Tinggi.
  2. Peningkatan jiwa entrepreneur dan pengembangan unit usaha baru di kalangan mahasiswa.

 

MISI 4

Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan prinsip good governance.

 

Tujuan Strategis :

Mewujudkan pengelolaan universitas yang terencana, terorganisasi, produktif, dan keberlanjutan.

Sasaran Strategis :

Untuk mewujudkan tujuan strategis tersebut, ditetapkan sasaran strategis:

  1. Tercapainya mutu sarana prasarana dan peningkatan pendapatan serta system keuangan yang akuntabel.
  2. Tercapainya peningkatan mutu tata kelola (good governance) kelembagaan dalam sistem manajemen.

 

Target dan Indikator Kinerja Utama (Key Performance Indicator).

Indikator kinerja utama dalam rangka mewujudkan misi 4, adalah sebagai berikut:

 

Sasaran 7 : Tercapainya mutu sarana prasarana dan peningkatan pendapatan serta system keuangan yang akutabel

 

No Indikator Kinerja Target Tahunan
baseline 2017 2018 2019 2020 2021
1 Luas kelas minimal 60 m2/40 mhs (1,5 m2/mhs) 8364m2 9.000m2 9.750m2 10.500 m2 11.250 m2 12.000 m2
2 Jumlah kelas kuliah 38 120 130 140 150 160
3 Persentase Perangkat pembelajaran setiap kelas (LCD, toa, white board, kursi mahasiswa, meja dan

kursi dosen)

70% 100% 100% 100% 100% 100%
4 Persentase kelas dengan jaringan internet 60% 100% 100% 100% 100% 100%
5 Ruang kerja dosen tetap minimal 4m2 per dosen, dilengkapi dengan meja, kursi, dan rak buku 988m2 1.020m2 1.044m2 1.088 m2 1.112 m2 1.120 m2
6 Ruang administras 4m2 per orang 464m2 520m2 536m2 536m2 536m2 552m2
7 Persentase jumlah/jenis laboratorium setiap program studi 80% 100% 100% 100% 100% 100%
8 Persentase kelengkapan alat sesuai dengan standar setiap laboratorium 60% 100% 100% 100% 100% 100%
9 Jumlah klinik kesehata 1 1 1 1 1 1
10 Jumlah ruang rapat organisasi kemahasiswaan 0 2 2 2 2 2
11 Jumlah ruang UKM 4 10 10 10 10 10
12 Jumlah ruang

BEMU/Fakultas/Hima

4 35 35 35 35 35
13 Jumlah ruang IMM Korkom/Komisariat 1 9 9 9 9 9
14 Jumlah sarana olah raga futsal yang sangat memadai 0 1 1 1 1  

1

15 Jumlah sarana olah raga basket ball yang sangat

memadai

0 1 1 1 1  

1

16 Jumlah sarana olah raga

volley ball yang sangat

memadai

0 1 1 1 1  

1

17 Jumlah sarana olah raga bulu tangkis yang sangat memadai 0 1 1 1 1  

1

18 Jumlah sarana ibadah (masjid) yang sangat

memadai

1 1 1 1 1  

1

19 Tersedia sarana parkir yang sangat memadai dengan luas yang memadai 50% 100% 100% 100% 100%  

100%

20 Tersedia asrama mahasiswa berbasis pesantre 0 0% 100% 100% 100%  

100%

21 Persentase ruangan atau area yang terdapat CCTV 60 100% 100% 100% 100% 100%
22 Jumlah ruang aula kapasitas > 1000 orang (serba guna) 0 1 1 1 1  

1

23 Jumlah ruang theatre yang sangat memadai 0 1 1 1 1  

1

24 Jumlah sarana hot spot area (wifi) di setiap lantai, ruang2 terbuka 48 125 135 145 155 165
25 Jumlah media pembelajaran di setiap laboratoruum yang

meliputi papan tulis, proyektor, audio, video

48 120 130 140 150 160
26 Koleksi perpustakaan minmal 2500 judul buku 15.032 18.000 19.500 21.000 22.500 24.000
27 Koleksi perpustakaan minmal 144 buku wajib mata kuliah program studi 1879 4.320 4.320 4.320 4.320  

4.320

28 Koleksi perpustakaan minmal 288 buku pengembangan keilmuan program studi 0 8.640 8.640 8.640 8.640  

8.640

29 Jumlah judul koleksi jurnal nasional terakreditasi (3 judul/program, studi) 38 90 90 90 90  

90

30 Jumlah judul koleksi jurnal

Internasional (2 judul/program, studi)

4 60 60 60 60  

60

31 Peringkat akreditasi Perpustakaan 0 A A A A  

A

 

32 Jumlah proceeding yang memuat tulisan dosen (9 proceeding/dosen/3 th) 24 90 90 90 90  

90

33 Jumlah Jenis data dengan menggunakan sistem Informasi Manajemen berbasis elektornik 11 11 12 13 14  

15

34 Jumlah fasilitas e-learning 0 1 1 1 1 1
35 Jumlah fasilitas e-journal 10 10 12 14 16 18
36 Jumlah software berlisensi
37 Kapasitan internet dengan rasio bandwith /mahasiswa (0,75 kbps/mahasiswa) 50 000 kbps 4.500 kbps 4.875 kbps 5.250 kbps 5.625 kbps 6000 kbps
38 Prestasi peringkat eco campus atau sejenisnya 0 5 5 3 3  

3

39 Ketersediaan Blue print pengembangan IT 90% 100% 100% 100% 100%  

100%

 

40 Persentase anggaran yang diajukan oleh program studi, diterima dan dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan 70% ≥ 80% ≥ 80% ≥ 80% ≥ 80% ≥ 80%
41 Laporan hasil audit keuangan WTP WTP WTP WTP WTP WTP
42 Persentase perolehan dana dari mahasiswa dibandingkan dengan total penerimaan dana 90% ≤ 33%, ≤ 33% ≤ 33% ≤ 33% ≤ 33%
43 Persentase pendapatan dari

unit usaha yang dikelola kampus

10% 55% 60% 60% 60% 60%
44 Persentase pendapatan keuangan dari sumber lain (hibah) per tahun. 1% 10% 10% 15% 20% 25%
45 Rata dana penelitian per dosen 10.juta/tahun 300 juta 2,5 milyar 2,6 milyar 2,7 milyar 2,78 milyar 2,8 milyar
46 Rata dana pengabdian masyarakat per dosen 2 juta.tahun. 100 juta 510 juta 522 juta 544 juta 556

juta

560 juta
47 Standar gaji dari PNS. 60% 60% 70% 80% 90% 100%

 

Strategi untuk mencapai sasaran 7 dilakukan melalui :

  1. Pengembangan mutu sarana dan prasarana yang berkonsep modern dan islami.
  2. Peningkatan mutu sarana prasarana dan keuangan melalui tindaklanjut secara terus menerus dari rekomendasi tim audit internal dan eksternal.
  3. Penyempurnaan sistem informasi keuangan, sistem akuntansi dan manajemen yang terintegrasi dengan kebijakan implementasi good governance dalam sistem manajemen yang dilaksanakan secara terpadu, transparan, dan akuntabel ditunjukkan melalui publikasi laporan tahunan.
  4. Peningkatan penggunaan teknologi informasi dalam pengelolaan operasional universitas, pengawasan internal, pelaporan administrasi, dan keuangan

 

Sasaran 8 : Tercapainya peningkatan mutu tata kelola (good governance) kelembagaan dalam sistem manajemen

 

No Indikator Kinerja Target Tahunan
baseline 2017 2018 2019 2020 2021
1 Jumlah program studi 30 30 31 33 33 34
2 Kinerja program studi/fakultas/biro dengan hasil kinerja baik. 90% 90% 100% 100% 100% 100%
3 Jumlah standard operational procedure dengan sistem monitoring dan evaluasi. 88 115 120 125 130 130
4 Laporan pencapaian renstra PS/Fakultas/universitas 90% 90% 100% 100% 100% 100%
5 Persentase jumlah program studi/biro yang diaudit. 90% 90% 100% 100% 100% 100%
6 Ketersediaan dokumen mutu yang lengkap 90% 90% 100% 100% 100% 100%
7 Persentase pencapaian staandar mutu 90% 90% 100% 100% 100% 100%
8 Laporan Monev dan Audit mutu
dengan hasil sesuai yang diharapkan 90% 90% 100% 100% 100% 100%
9 Persetase kepuasan mahasiswa
atas pelayanan kemahasiswaan minimal puas dan sangat puas 90% 90% 100% 100% 100% 100%
10 Persetase kepuasan dosen dan tenaga kependidikan atas
pelayanan kepegawaian, keuangan, sarana prasarana dll, minimal puas dan sangat puas 90% 90% 100% 100% 100% 100%
11 Akreditasi Institusi (AIPT) B B B B A A
12 Jumlah Program Studi Akreditasi B 17 17 28 25 21 20
13 Jumlah Program Studi akreditasi A 0 2 2 5 9  

10

14 Jumlah PS Akreditasi Internasional 1
15 Sertifikasi ISO 9001:2008 sudah sudah
16 Sertifikasi ISO 9001:2015 belum belum sudah sudah sudah Sudah
17 Peringkat Anugerah Kampus Unggul Kopertis VII 150 15 10 8 5  

5

18 Peringkat Perguruan Tinggi Versi Kemenristek Dikti 166 166 100 75 50  

40

Peringkat Webrometric 229 229 100 75 50  

40

19 Peringkat 4ICU 156 156 100 75 50  

40

20 Peringkat QS Star *** ***
21 Jumlah perolehan hibah jenis institusi. 2 2 2 2 2 2
22 Jumlah laboratorium yang terakreditasi nasional. 1 1
23 Persentase pengujung website (meningkat 10% per tahun). 10% 10% 20% 30% 40% 50%
24 Jumlah berita UMSurabaya di
media cetak/elektronik (dalam bulan) 3x/bln 3x/bln 3x/bln 3x/bln 3x/bln 3x/bln

 

Strategi untuk mencapai sasaran 8 dilakukan melalui :

  1. Penataan organisasi universitas yang mandiri dengan standar good governance dengan kebijakan implementasi good governance dalam sistem manajemen yang dilaksanakan secara terpadu.
  2. Peningkatan kerjasama dengan berbagai media dalam pengembangan informasi universitas.
  3. Peningkatan sistem penjaminan mutu universitas menuju sistem penjaminan mutu universitas kelas dunia.